Dunia wirausaha telah memasuki masa transisi dari metode pemasaran tradisional ke metode modern, yang kini dikenal sebagai digital marketing. Mengambil kutipan jean claude juncker “ the internet and digital technologies are tranforming our world, digital has to be our future”. Melalui kutipan tersebut kita dapat memahami bahwa teknologi berperan penting bagi dunia saat ini. Digital marketing adalah pemasaran produk dan jasa/layanan melalui media internet. Metode ini memberikan kemudahan dalam interaksi dengan pembeli. Ini merupakan hal yang penting bagi wirausaha dalam menghadapi perkembangan zaman. Apalagi di saat yang sulit seperti sekarang ini, dunia kedatangan wabah COVID-19 yang tidak hanya memberikan dampak ke kesehatan saja. Tentunya, wirausaha juga merasakan dampak dari wabah ini yang menghambat kegiatan – kegiatan pemasaran, tetapi wirausaha tidak perlu khawatir karena digital marketing merupakan solusi.
Dalam menjalankan
digital marketing, bagi wirausaha pemula perlu memperhatikan beberapa hal dalam
memasuki pasar digital :
1. Hal dasar yang paling utama
adalah menentukan target pasar kemudian menyesuaikan produk yang akan
dipasarkan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Sebagai contoh, orang – orang yang
suka traveling dijadikan sebagai target pasar karena ditemukan masalah –
masalah seperti kesulitan membawa alat-alat yang dibutuhkan untuk merapihkan
baju. Dari masalah tersebut, wirausaha dapat memikirkan solusi untuk produk
yang akan ditawarkan
2. Menawarkan produk dengan
solusi, seperti hal utama yang dijelaskan tadi. Ketika konsumen memerlukan alat
– alat yang efisien agar mudah dibawa traveling, wirausaha dapat menawarkan
alat portable. Jadi, suatu produk akan laku jika mempunyai kualitas yang
diinginkan oleh konsumen.
3. Setelah dua hal diatas
terpenuhi, segera membuat website pribadi untuk mengenalkan profil usaha.
dengan memiliki website pribadi maka seorang wirausaha akan lebih semangat
untuk mendesain dan membuat konten untuk tokonya serta membuat iklan dengan
mudah.
4. Bergabung dengan media
sosial seperti facebook, Instagram, tiktok dan lainnya agar produk dapat
dikenal banyak orang. Namun, disarankan untuk tidak terlalu banyak memiliki
akun media sosial karena akan menyulitkan wirausaha dalam mengelola.
5. Menggunakan SEO (Search Engine
Optimization) sudah pasti harus
dilakukan untuk website karena murah dan manfaatnya jangka panjang. Sebaiknya
anda cari jasa SEO karena akan sangat rumit jika harus belajar sendiri, SEM
(Search Engine Marketing) biasanya menggunakan Google Ads adalah cara
paling cepat mendapatkan visitor dan calon customer produk atau jasa
anda, Social media campaign, seperti iklan Facebook ads, Instagram
ads, dan endorse. Sebelum menggunakan campaign ini anda harus menyiapkan content
creative sesuai dengan standar kualitas iklan facebook dan instagram.
Jangan sampai iklan sia-sia karena tidak menyiapkan konten yang berkualitas.
Mengapa
digital menjadi bagian strategi pemasaran? Mengambil data tahun 2019, populasi
di Indonesia sudah mencapai 268,2 juta dengan pengguna internet 150 juta yang
juga aktif dalam media sosial dan dikatakan sudah 80% pengguna aktif
menggunakan media sosialnya melalui smartphone. Seiringnya perkembangan tahun,
pengguna internet tentunya mengalami kenaikan. Dari data kita dapat simpulkan
bahwa media konvensional tidak cukup efektif lagi, konsumen lebih tertarik
melihat iklan melalui smartphonennya dan banyaknya konsumen yang aktif di dalam
wadah tersebut menjadi sebuah peluang bagi wirausaha.
Pada
tahun 2019, wirausaha di Indonesia sudah mencapai 8,06 juta tentunya akan terus
meningkat setiap tahunnya. Tentu banyak persaingan ketika memasuki pasar. Dalam
hal ini, setiap wirausaha pasti memiliki strategi pemasaran agar produk dapat
dikenal dan bersaing. Bagaimana wirausaha merancang strategi? Dengan
menggunakan konsep marketing diagram ; Sistem analysis, Objective, Strategy,
Tactic, Action, Control ( SOSTAC ). Langkah awal menyusun sistem analysis yaitu menjelaskan dimana
posisi kita berada, yang kedua menyusun objective yaitu paham dengan tujuan
yang ingin dicapai, langkah ketiga strategi yaitu cara mencapai tujuan
tersebut, yang keempat tactic yaitu bagaimana cara yang tepat mencapai tujuan
tersebut kemudian langkah ke lima action yaitu the details of tactics dan yang
terakhir control yaitu memastikan langkah – langkah yang kita sudah buat cukup
untuk mengarahkan ke tujuan yang kita inginkan. Dalam mengembangkan sebuah
usaha pastinya diiringi perubahan – perubahan yang membuat para wirausaha
dituntut untuk lebih inovatif.
Dalam mencapai tujuan,
wirausaha dapat menentukan tujuan digital marketing dengan 5S :
1. Sell, membuat tujuan dengan lengkap dan rinci
dan menggunakan nominal angka agar dapat terukur. Contoh : menentukan target
omset 50 juta dalam bulan ini
2. Speak, dengan menjaga loyalitas customer yang
diharapkan pelanggan dapat menyebar luaskan produk dari mulut ke mulut.
3. Serve, mempengaruhi pelanggan agar membeli
produk yang kita tawarkan, tentunya dengan pelayanan yang bagus dalam bentuk
komunikasi, kualitas produk yang ditawarkan dan fitur – fitur yang mendukung
lainnya
4. Save, wirausaha perlu memperhatikan anggaran
yang digunakan dengan mengalokasikan biaya yang tepat dan efektif agar dapat
mencapai profit yang maksimal
5. Sizzle, memperluas jangkauan agar bisnis dapat
dikenal banyak orang. Wirausaha dapat menyebarkannya melalui iklan digital,
social media marketing, inbound marketing dan lainnya
Dalam menjalankan usaha digital pasti ditemukan masalah – masalah,
lalu bagaimana cara mengatasinya? menciptakan Traffic & leads,
menyesuaikan jenis konten yang dibuat dengan konten yang diinginkan oleh
konsumen dan pastikan konten tersebar di saluran yang tepat. Mengukur ROI
dari aktivitas pemasaran, menggunakan perangkat lunak untuk memantau
dan mengukur kegiatan pemasaran digital agar mudah dalam memperhitungkan ROI.
Memastikan ketersediaan budget pemasaran, tidak hanya budget
produksi, budget khusus pemasaran juga perlu disediakan. Pastikan ketersediaan
budget dengan menyediakan laporan ROI dari aktivitas pemasaran digital karena
organisasi yang mengitung ROI biasanya dapat mengalokasikan budget pemasaran
yang lebih besar. Mengelola website, dalam digital marketing
website menjadi hal penting dalam perolehan leads dan penjualan. Memilih
teknologi yang tepat agar dapat mendukung kebutuhan perusahaan, memilih
teknologi dengan komponen interface yang mudah dipahami dan gunakan teknologi
yang memfasilitasi terjadinya otomasi dalam market. Menentukan konten
yang tepat untuk target audiens, kenali konsumen dari tren yang sedang
diikuti, Bahasa yang digunakan, hal tersebut berpengaruh pada ketertarikan
konsumen sehingga mereka akan memberikan komentar, likes dan share. Melatih
anggota tim, dalam mengelola pasar diperlukan tim yang memiliki
keahlian yang tepat, dalam membentuk tim perlu mengidentifikasi pelatihan yang
tepat, perhatikan keahlian dan motivasi anggota tim dan terapkan jenis
pelatihan yang paling cocok untuk setiap individu. Merekrut orang
dengan kemampuan yang tepat, Untuk meningkatkan efektivitas Digital
Marketing perusahaan, Anda tentu memerlukan orang-orang dengan kemampuan yang
tepat. Pastikan Anda mengidentifikasi dengan teliti orang dengan kemampuan
seperti apa yang dibutuhkan perusahaan saat ini, lalu jangkau mereka di
saluran.
artikelnya sangat bermanfaat, baguss!!!
ReplyDeleteArtikelnya keren dan bermanfaat, semangat terus
ReplyDeleteinfonyaa bermanfaat!!
ReplyDeletemakaaih kak infonyaa
ReplyDelete