Dunia kita saat ini
telah memasuki transformasi dalam berbagai aspek melalui penggabungan infomasi
dan teknologi komunikasi yang dikenal sebagai revolusi industri 4.0 . terdapat
lima teknologi yang menjadi fokus utama yaitu internet of things, big
data, artificial intelligence, cloud computing, dan addictive manufacturing.
transformasi tersebut tentunya menjanjikan keuntungan dari sisi efisiensi dan
produktivitas.
Menyorot wirausaha yang terkena dampak dari revolusi industri 4.0, kini wirausaha telah menggandeng teknologi dalam implementasi model bisnisnya. Saat ini dikenal sebagai wirausaha digital, istilah yang menggambarkan dunia wirausaha sudah mengalami transformasi, perubahan tersebut mencakup pemasaran, produksi dan distribusi serta peluang. Dahulu, wirausaha dalam memasarkan produknya memerlukan spanduk agar produknya dapat dikenal, sekarang kita dapat memasarkan produk melalui internet seperti aplikasi shopee, lazada, tokopedia dan lainnya.
transformasi digital yang
semakin maju saat ini memiliki banyak manfaat untuk perkembangan dunia
kewirausahaan digital. Dengan adanya teknologi, wirausaha dapat menghemat
waktu, tenaga, dan biaya serta menghasilkan laba maksimal. Wirausaha yang
kurang kompeten akan mengalami kesulitan dalam menghadapi transformasi digital,
ini akan menjadi sebuah tantangan di dalam dunia bisnis. Apalagi jika memiliki
rasa khawatir gagal dalam mengubah pola bisnis yang lama ke pola bisnis yang
baru. Dalam hal ini, wirausaha perlu menumbuhkan rasa optimis dan pantang
menyerah karena akan selalu mengikuti arus perubahan digital. Memasuki dunia
digital bukan hal yang mudah, penting bagi wirausaha dalam mempelajari digital,
dalam hal ini wirausaha perlu menyesuaikan diri dengan selalu mengasah kemampuan
menggunakan teknologi. Selain mengasah kemampuan, kewirausahaan digital juga
perlu mengasah pola pikir yang selalu terbuka dalam menghadapi perubahan, fokus
pada pelanggan, kreatif dan inovatif, berintegrasi di semua platform dan
memperluas serta memperkuat jaringan di internet.
Telah mulainya
perdagangan bebas di era ini, pastinya terdapat beberapa tantangan yang akan
wirausaha hadapi. seperti halnya teknologi yang menuntut wirausaha adaptif,
kini konsumen pun menuntut produk dan layanan yang cepat dan praktis. Sebagai
contoh Tokopedia yang menyediakan layanan jual beli online yang memudahkan
konsumen dalam mencari barang yang diinginkan serta disediakan jasa pengiriman
dan pembayaran virtual yang semakin memanjakan konsumen. Jika wirausaha tidak
dapat memenuhi ekspektasi konsumen maka konsumen akan beralih ke platform
lainnya. Dalam menghadapi tantangan, wirausaha dapat menjalani kolaborasi
dengan mitra lainnya, seperti PT Visionet Internasional ( OVO ) yang
menggandeng Tokopedia sebagai platform pembayaran non tunai. Tentunya dipadukan
dengan teknologi yang semakin pesat dalam mengikuti perkembangan pasar. Selain
keinginan cepat dan praktis, selera konsumen pun cepat sekali beralih dan
mereka sangat pintar dalam memilah produk, ini menjadi tantangan bagi wirausaha.
Wirausaha dituntut untuk berinovasi dan berpikir out of the box untuk
menghasilkan produk yang unik dan tidak biasa. Tantangan lainnya di bidang
sumber daya manusia, teknologi sudah diterapkan di dunia bisnis maka diperlukan
pekerja yang adaptif, jika tidak dapat dipenuhi yang akan terjadi adalah biaya
besar yang dikeluarkan untuk pembaruan teknologi tidak dapat beroperasi karena
pekerja yang minim kemampuan. Bisnis akan berkembang dan berjalan dengan sukses
jika pekerjanya memiliki kemampuan. Dalam meningkatkan kemampuan, diperlukan
pelatihan – pelatihan dan melakukan upgrade keilmuan untuk menyesuaikan
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tantangan ini sangat bermanfaat
untuk masa depan karena usaha – usaha yang dilakukan wirausaha untuk terus
berinovasi akan meningkatkan pengetahuan mengenai pasar dan produk. Peran
teknologi dalam dunia bisnis sangat besar karena dapat membantu wirausaha
bekerja dengan mitra lain dari dalam negeri hingga di belahan dunia mana saja.
Tentu saja sebuah bisnis juga memiliki pesaing, jika tidak dibarengi dengan
inovasi terus – menerus maka bisnis akan tertinggal dari pesaing. Tantangan
yang ditemui ketika berhubungan dengan pesaing adalah bagaimana cara bersaing
dengan sehat. Hal tersebut sangat penting agar tercipta iklim yang baik dalam
bisnis. Saat ini wirausaha dapat melakukan dan mengontrol usahanya dari jarak
jauh melalui website, e-mail dan fitur lainnya. Permasalahan yang sering
terjadi dengan metode komunikasi jarak jauh adalah hilangnya sosok pemimpin atau zero-surveillance. Pemilik
bisnis biasanya berkomunikasi dengan karyawannya hanya mengenai hal – hal dalam
bisnis saja, padahal karyawan membutuhkan keakraban dengan pemimpinnya agar
tumbuh rasa semangat dalam bekerja. Dengan konsep zero-surveillance diharapkan
membuka peluang dalam perkembang bisnis di era digital. pegawai di dalam
perusahaan lebih bebas berkreativitas dan peran penting tidak hanya dipegang
oleh pemimpin sehingga kinerja perusahaan dapat lebih produktif
Diperlukan kemampuan
dalam mengoperasikan media sosial karena media tersebut merupakan
wadah berkomunikasi, berinteraksi, berbagi, dan networking.
Wadah ini dapat dimanfaatkan wirausaha untuk membangun personal branding dan
sebagai media komunikasi antara pengusaha atau konsumen. Pepatah mengatakan “
those who fail to plan, plan to fail” yang artinya Siapa yang gagal berencana berarti merencanakan
kegagalan. Para pebisnis atau
pengusaha paling sukses adalah orang-orang yang memiliki tujuan dan menganalisa
rencana serta strategi yang hebat. Mereka mempelajari ilmu pengetahuan dan
teknologi serta kendala – kendala yang akan dihadapi. Saat ini, hampir seluruh pelaku bisnis berlomba-lomba membuat
perusahaan mereka dikenal oleh banyak orang dengan menggunakan sarana di dunia
digital. dunia digital menjadi pilihan para pengusaha karena mudah di akses.
Website merupakan media digital yang digunakan untuk menampilkan profil
perusahaan dan memberikan info-info terbaru secara cepat. Banyak perusahaan
digital yang menawarkan web design untuk memfasilitasi pelaku bisnis yang ingin
membuat profil perusahaan melalui website. Dalam hal ini, pengusaha harus
memiliki skill untuk bisa mengelola wesite perusahaannya atau bisa menggunakan
jasa Agency yang menawarkan web design. Usaha yang sudah berkembang pesat
membutuhka suatu aplikasi yang dapat mengatur keuangan perusahaan yaitu dengan
menggunakan software akuntansi. Dengan software tersebut, pengusaha dapat
dengan cepat dan akurat untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan. Selain
itu, pebisnis harus memiliki copy writing yaitu menjual dengan tulisan,
tentunya tidak mudah. Setiap pebisnis harus bisa membuat tulisan mengenai
produknya agar konsumen dapat mengenal dan tertarik untuk membeli
produknya. Teknik menulis ini lebih dikenal dengan istilah “copy
writing”, suatu teknik pemasaran yang bisa menyihir orang lain untuk
membuat mereka tidak hanya ingin membeli tetapi harus membeli.
Kita dapat simpulkan,
perkembangan usaha yang dijalani akan selalu diiringi dengan perkembangan
teknologi juga. Tentunya memasuki dunia digital tidak mudah, berbagai tantangan
pun muncul. Dalam hal ini pengusaha dituntut untuk siap dalam menghadapi
perubahan dan dapat menyesuaikan diri dengan keadaan ( adaptif ). Dalam
menghadapi era digital diperlukan kemampuan dalam mengoperasikan media sosial,
website, pengetahuan mengenai pasar software akuntansi untuk mengelola
pengeluaran dan pemasukan, dan copy writing yaitu sebuah teknik pemasaran yang
persuasif agar pelanggan tertarik untuk membeli produk.
Makasih kak infonya berguna banget
ReplyDeletemakasih kak ๐
ReplyDeleteSangat bermanfaat terima kasih ya!
ReplyDeleteGood job! Terus posting artikel menarik lainnya.
ReplyDeleteTerimakasih prof๐
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteBermanfaat sekali,terimakasih
ReplyDeleteKeren dan bermanfaat sekali, semangat terus bikin artikelnya!!
ReplyDeletebermanfaat sekali informasinya!
ReplyDeleteBermanfaat Sekali Informasinya, Terima Kasih !!
ReplyDelete